Minggu, 09 Januari 2011

Memperkaya Otak

Otak manusia sebenarnya bisa diperkaya dengan menumbuhkan koneksi-koneksi neural baru dengan cara memberikan stimulasi. Pembelajaran juga dapat meningkatkan intelegensi tanpa batas menggunakan pengayaan yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Lingkungan yang meningkat akan meningkatkan percabangan dendrit, memperbanyak sel pendukung, percabangan antarsel, yang artinya sel-sel saraf tersebut dapat berkomunikasi dengan baik.

Pada saat seseorang memvariasi lingkungannya, otak akan memvariasi cara pertumbuhannya. Pengalaman-pengalaman baru dapat tersambung ke otak yang bentuknya mudah berubah. Perubahan itu bisa dari dalam (genetic), disini adalah penciptaan bagan yang akan diproses, kemudian proses yaitu menciptakan produksi sinapsis yang berlebihan sebelum dibutuhkan, dan merespon pada proses yang dipicu oleh stimuli lingkungan.

Ada beberapa veriabel independen yang menghubungkan kompleksitas otak, kemampuan menyelesaikan masalah, dan intelegensi yaitu gender, belahan otak, dan pendidikan. Perempuan mempunyai nilai dan variabilitas dendritik yang lebih besar daripada laki-laki. Belahan otak kiri memiliki ukuran keseluruhan dendritik yang lebih besar daripada belahan otak kanan, tetapi hasilnya tidak konsisten antara masing-masing individu. Semakin tinggi pendidikan, semakin besar ukuran percabangan dendritik. Willian Calvin (Calvin dan Ojeman, 1994) mengatakan bahwa pertumbuhan area kortikal memang punya kaitan dengan “menjadi pintar” meskipun efisiensi internal “persambungan” dan koneksi kita jauh lebih penting.

Seorang anak mampu meningkatkan intelegensinya mengunakan stimulasi mental. Anak yang berada di lingkungan pembelajaran yang menantang mempunyai tingkat intelegensi yang tinggi. Dan tetap akan bertahan sepuluh tahun kemudian.

Berbagai penemuan mengenai pengayaan adalah sebagai berikut. Efek pengayaan tetap kuat pada semua usia. Otak manusia dapat dan terus menumbuhkan sel-sel baru atau neurogenesis, neurogenesis yang jelas terlihat pada hipokampus, bagian yang peka bagi pembelajaran dan memori. Perubahan spesifik pada neuron ditemukan paling cepat 48 jam setelah pemaparan. Tugas-tugas pembelajaran yang kompleks dan menantanglebih baik daripada yang sederhana dan mudah. Lebih banyak interaksi dan gerak tubuh lebih baik daripada isolasi dan kurang aktif. Lingkungan yang membosankan akan menipiskan korteksdaripada lingkungan yang diperkaya.

Dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa otak manusia dapat diperkaya dengan cara memperkaya lingkungan.

a. Neurogenesis Manusia Itu Memungkinkan

Otak manusia dapat menumbuhkan sel-sel baru (neurogenesis). Pengayaan otak itulah yang dapat menumbuhkan punggung dendrit menjadi lebih besar, badan sel-sel yang lebih berat, dendrit-dendrit yang lebih panjang, dan pertumbuhan sel pendukung yang lebih banyak. Setiap hari manusia akan kehilangan sebagian sel-sel otaknya, namun di sisi lain sel-sel otak baru juga akan tumbuh di lingkungan yang subur. Neurogenesis sangat jelas terlihat pada hipokampus, area yang esensial bagi pembelajaran dan memori.

b. Kunci Pengayaan

Kandungan-kandungan penting untuk memperkaya otak adalah kebaruan, tantangan, koheren, waktu, dan umpan balik. Untuk mendapatakan efek pengayaan, stimulus haruslah baru, karena stimulus yang sudah lama tidak akan dapat melakukannya. Kemudian stimulus tersebut juga harus menantang agar membantu pertumbuhan otak secara optimal. Stimulus juga harus koheren dan bermakna agar mampu memperkaya otak. Pembelajaran harus terjadi sepanjang waktu sesuai dengan luasnya perubahan neural. Perubahan yang segera terjadi adalah stimulus dan respon pembelajaran. Dan harus ada cara otak untuk belajar dari stimuli yang baru dan menantang. Semakin konsisten, spesifik, tepat waktu, dan terkontrol oleh pembelajar, maka umpan baliknya akan semakin baik.

Menurut J.E. Black (1989) menegaskan bahwa untuk mendapatkan efek pengayaan, tantangan yang diberikan harus memacu pembelajaran, yang sama sekali berbeda dari aktivitas atau gerak badan sekadarnya. Faktor-faktor lain, seperti usia dan tekanan, dari lingkungan yang kompleks adalah pembelajaran bukan sekedar aktivitas motorik, dan hal itu menyebabkan pertumbuhan otak semakin optimal.

Untuk memperkaya lingkungan dapat dilakukan dengan kegiatan seperti menciptakan lingkungan yang multisensori. Tambahkan poster, aroma, musik, dan aktivitas-aktivitas yang relevan. Tingkatkan iteraksi sosial dan kerja kelompok. Berpindahlah ke lokasi yang baru sesering mungkin. Doronglah untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan mengekspresikan diri mereka secara kreatif. Berikanlah waktu yang berkualitas, tidak hanya kuantitas. Latihlah dengan berbagai ketrampilan. Sediakan umpan balik yang positif seperti merayakan keberhasilan dan kurangi res[pon negatif seperti hukuman. Gunakan beberapa bahasa dalam berkomunikasi. Dan yang paling penting adalah berikanlah kebebasan kepada mereka untuk memilih gaya belajar mereka sendiri.
Selain itu ada tujuh tips untuk mereka yang sudah dewasa untuk memperkaya otak mereka. Pertama, ambilah kursus yang tidak pernah Anda pikirkan; kedua, pergilah ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi; ketiga, lakukanlah sesuatu yang menantang Anda secara fisik dan emosional; keempat, teladanilah seseorang yang ahli dalam melakukan sesuatu yang menarik minat Anda; kelima, berlanggananlah koran atau majalah yang berbeda sama sekali dengan yang pernah Anda lnggan; keenam, ikut dan bergabunglah dengan kegiatan sosial-budaya yang baru; dan ketujuh, kembangkanlah hobi yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar