Kamis, 28 Oktober 2010

Tanaman Bisa Membuat Otak Fress Kembali Lho...

Lingkungan kelas merupakan faktor penting dalam menciptakan sebuah lingkungan optimal yang bersahabat dengan otak para pembelajar. Suasana di dalam ruang kelas seringkali terasa kaku dan tidak responsif. Udara yang kita hirup juga mengandung berbagai macam polutan yang bertebaran di sekitar kita tanpa kita sadari. Faktor ini bisa menghambat proses pembelajaran.
Menurut para ilmuwan di NASA (Eric Jensen : 103) telah menemukan bahwa penggunaan tanaman dapat menciptakan pembelajaran dan lingkungan bagi para astronot. Menurut saya hal itu juga berlaku untuk pelajar dan mahasiswa pada umumnya. Bayangkan jika anda belajar dalam ruang kelas yang terdapat tanamanya, suasana akan lebih sejuk,tenang, santai, dan pikiran jadi jernih kembali. Tanaman tidak hanya membuat udara menjadi lebih bersih dan lebih kaya, ia juga dapat menambah nilai estetika lingkungan dan mengembalikan pikiran positif.
Dalam buku Brain-Based Learning (Eric jansen : 2008) dijelaskan bahwa sebagian besar dari kita hanya menggunakan 10 sampai 25 persen kapasitas paru-paru kita untuk setiap tarikan napas. Hal ini tidak baik karena udara yang pengap dapat mengganggu otak. Untuk pembelajaran yang optimal, berikanlah udara yang segar, tidak terkontaminasi, dan oksigen yang cukup. Tingkat kelembapan ideal adalah antara 35 dan 65 persen. Ketika anda merasa stres dan depresi ambilah napas panjang. Hal tersebut dapat diterapkan di dalam kelas, jika peserta didik anda kelihatan jenuh dan bosan hentikan pembelajaran sejenak, ajak peserta didik anda untuk menarik napas panjang agar dapat mengurangi rasa stres dalam belajar.
Dr. Wolverton mengatakan bahwa ada beberapa jenis tanaman tertentu dapat membersihkan polutan dari udara, meningkatkan ionisasi negatif dalam atmosfer, dan mengisi udara dalam ruang dengan oksigen serta meningkatkan produktivitas sampai 10 persen. Tanaman yang baik untuk membersihklan udara dan meningkatkan jumlah oksigen dalam ruangan antara lain Areca Palms, Lady Palms, bambu, ficus elastica, gerbera daisies, krisan kuning, ficus benjamina, filodendrom dracaena deremensis, dan peace lilies. Satu tanaman dapat memberi dampak pada 3 meter persegi ruangan. Jika di dalam kelas berukuran kurang lebih 275m2 maka sebaiknya letakkan 4-8 pot tanaman hias di dalamnya. Hal itu dapat menciptakan situasi kelas yang kondusif.

Mudah-mudahan bermanfaat.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar